Friday, November 09, 2007

Niagara Falls

Hi Ibu dan Lita:)

Beberapa waktu lalu ayah sempat main ke Niagara Falls alias Air Terjun Niagara. Ya betul, yang terkenal itu dan Superman pernah disyuting di sana :) Ayah pergi dengan Rotrigue dari Benin dan Sampan dari Thailand. Perjalanan menggunakan bus tour dengan membayar USD 74 termasuk hotel semalam. Harga ini cenderung murah untuk ukuran New York

Sewaktu di sana, sesungguhnya tidak banyak yang terlalu menarik, terutama karena ayah memang lahir dan besar di sungai dan sawah. Air terjun sebenarnya tidak terlalu istimewa karena sewaktu kecil ayah memang selalu mandi di sungai, belarian di tengat sawah dan melompat dari ketinggian kemudian menukik di birunya 'tibu', bagian sungai yang dalam dan tenang. Kalau saja ayah ke Niagara Falls 17 tahun lalu, mungkin tidak ada yang perlu diherankan.

Yang menarik, sungai Niagara ini adalah batas antara USA dan Canada. Ayah tentu saja melihat air terjun ini dari sisi USA (masih dalam negara bagian New York) sambil menikmati Ontario, Canada yang hanya beberapa meter di seberang. Dari sini terasa sekali betapa pembangunan di wilayah perbatasan menjadi sangat penting. Pengunjung ataupun penduduk asli akan dengan mudah melihat kemajuan dan perkembangan di negara tetangga dan dengan mudah membandingkan dengan apa yang dimiliki negaranya. Kalau ketimpangan terjadi, dengan muda rasa cemburu akan tumbuh, termasuk lunturnya nasionalisme.

Waduh, kok jadi berat begini bahasannya ya he he he

Anyway, Niagara is good to visit. Mungkin suatu saat kita sekeluarga akan datang ke sini. Why not!

No comments: