Wednesday, August 31, 2005

Pregnancy week 33 - 36

USG terakhir
Pada kehamilan normal di sini USG hanya dilakukan 1-2 kali yaiitu Nuchal Translucency (mgg 11-13) utk mendeteksi down sindrome dan USG Morfologi (mgg 18-20)utk mengetahui kelengkapan organ janin.
Tapi kasus lain seperti yg terjadi pada Asti, diperlukan USG sekali lagi utk mengkonfirmasi letak plasenta. USG ini dilakukan pada mgg 34 dan alhasil ternyata letak plasenta masih dibawah, dan dg internal USG diketahui plasenta previa grade 4 (plasenta menutupi total jalan lahir), yang berarti harus operasi cesar. Kami pun harus mengambil hikmah dari keadaan ini, Tuhan telah mengatur segalanya, mungkin ini adalah yang terbaik utk kami.

Bertemu dr.Teoh
Setelah mendapat hasil USG, kami menemui dr.Bowyer(yg tercantum di kartu kuning) di RS. Utk ketiga kalinya kami menemui dr yg berbeda2 yaitu dr.Teoh. Pertemuan kali ini kami sudah siapkan beberapa pertanyaan dari rumah.
1. Bolehkah kita menentukan tgl op? Ternyata tidak, merekalah yg menentukan tgl disesuaikan jdwl kerjanya dan ditentukan booking operasi tgl 22 September 2005.
2. Siapa yang akan mengoperasi? Ternyata dr.Teoh krn dr.Bowyer sedang cuti melahirkan
3. Siapa yg bisa masuk dlm ruang op? Hanya suami.
4. Anestesi apa yg dipakai? Epidural, jadi Asti masih bisa sadar mendengar suara tangis bayiku pertama kali.
Beruntung juga kita dapat dr Teoh kr orgnya lebih ramah dari dr2 sebelumnya. Dia berikan penjelasan dengan sabar.

Tambah BB
Pada ANC minggu 34 BB ASti udah 67 kg dan pada ANC 36 menjadi 69 kg. Wah jadi pertambahan BB sampai sekarang total 17 kg. Lumayan juga ya...

Edema kaki(Kaki bengkak)
Karena musim dingin Asti selalu pakai kaos kaki. Suatu saat Asti baru sadar klo ternyata kedua kaki Asti bengkak. Wah langsung setiap siang dan malam Asti naruh kaki lebih tinggi dari badan utk mengurangi bengkak. Yang ditakutkan pada kondisi ini adalah hipertensi pada kehamilan yg disebut PreEklamsia. Tapi syukurlah setelah dicek tekanan darah Asti masih normal.

No comments: