Monday, October 10, 2005

Empat Minggu

Ha...
Hampir satu bulan usia Lita. Cepat juga ya :) Tapi terus terang saja, seminggu terakhir ini waktu berjalan sangat lambat. Mengapa? Karena kita hanya berdua ngurusin Lita setelah keempat Kakek Neneknya pulang ke Indonesia. Kehidupan nyata sebagai orang tua dimulai minggu ini dan ternyata sangat menantang. Tapi so far sih Ok, banyak pelajaran berarti diperoleh dengan mengurus anak sendiri. Salah satu yang paling berharga adalah kita jadi tahu betapa susahnya menjadi orang tua.

Jadi ingat kenakalan masa kecil dan ada kesadaran untuk menghormati dan menghargai orang tua dengan lebih baik.

Pagi ini kita berkunjung ke Karitane, sebuah pusat pelayanan postnatal di Sydney. Petugasnya sangat baik dan profesional. Mereka memberi bimbingan dan konsultasi seputar perawatan bayi. Penjelasannya sangat detail, jelas dan mudah diterima oleh orang awam. Hal seperti ini di Sydney memang menjadi program utama pemerintah karena kenyataannya para orang tua baru memang belum banyak pengalaman menangani bayi. Tambahan lagi, umumnya mereka tidak akan banyak dibantu oleh keluarganya dalam merawat bayi sehingga pemerintah perlu menyediakan dukungan yang memadai.

Di Karitane diajari beberpa hal mendasar yaitu:
1. Cara mempersiapkan bayi sebelum tidur [settling the baby]
2. Perihal menyusui
3. Bagaimana membedakan bayi lapar dengan tidak nyaman karena hal lain
4. Bagaimana menghadapi bayi menangis.

Singkat kata, pelayanan Karitane sangat amat memuaskan dan sangat membantu kita yang masih awam. Kalupun membaca buku, kita hanya tahu sebatas teori. Sementara di Karitane kita diobservasi selama hampir 3 jam dan dibimbing langsung bagaimana merawat bayi.



Oh ya, ini adalah foto Lita umur 4 minggu:


Lita digendong mamanya. Nampak jauh lebih tenang setelah mengikuti petunjuk dari Karitane


Lita: kaos kakinya gaul tuh :)

No comments: