Monday, December 31, 2007

Lita Otonan

Di blog ini, rasanya sudah pernah posting masalah otonan. Silahkan baca posting sebelumnya jika ingin tahu apa itu otonan :)

Di malam tahun baru, Lita berusia tepat 210 x 4 hari atau 4 oton. Dalam tradisi Hindu, otonan merupakan peringatan hari lahir (birthday) dengan dasar perhitungan tertentu yang tidak sama dengan kalender masehi. Otonan kali ini bertepatan dengan malam tahun baru sehingga memperingatinya sekalian.

Seperti halnya otonan pertama, kali ini peringatannya di rumah di Bali. Artinya suasananya juga berbeda. Lebih ramai dan lebih meriah. Dalam acara ini sekaligus juga dilakukan syukuran dengan mengundang semua orang di banjar (tempek), tidak kurang dari 60 keluarga. Banyak bener ya :)

Ayah dan Ibu mengunjungi semua rumah untuk mengundah mereka agar datang malam itu. Pengalaman ini sangat berkesan karena untuk pertama kalinya Ibu mengunjungi semua rumah tanpa kecuali dan berinteraksi langsung dengan semua orang. Ini menjadi catatan tersendiri bagi keluarga kecil kami. Bagi masyarakat desa, ini menjadi pertanda keinginan kami untuk berinteraksi dan tetap menjadi hubungan baik dengan semua orang di kampung. Semoga.

No comments: