Tuesday, December 11, 2007

Presentasi Penelitian

Ini adalah salah satu momen terpenting dalam hidup ayah terkait program fellowship di United Nations. Hari ini ayah mempresen- tasikan penelitian ayah di depan semua rekan dari negara lain, program adviser dan pakar-pakar terkait di DOALOS.

Seperti biasa, ayah selalu persiapan dan latihan sebelum presentasi. Biarpun sudah presentasi presentasi di mana-mana, nasional maupun internasional, ayah memang tidak pernah bisa presentasi tanpa latihan. Selalu ada latihan dan kalau perlu di depan cermin :) Ibu masih ingat kan ayah selalu melakukan ini waktu di Sydney dulu?! Biarpun pernah jadi presenter terbaik di Sydney, sampai kini ayah selalu persiapan sebelum presentasi. Yang terpenting dari latihan bukanlah masalah penguasaan materi tetapi penyampaian yang tepat dalam waktu yang tersedia. Biarpun seorang presenter menguasai materi tetapi kalau tidak cermat dalam penggunaan waktu, bisa timbul masalah dan tetap saja terlihat tidak profesional.

Presentasi kali ini dibatasi tidak boleh lebih dari 30 menit. Jika lebih, chairman akan memotong dan dilanjutkan dengan diskusi selama kira-kira sejam. Karena latihan yang ketat, ayah bisa menyelesaikan presentasi dalam waktu 20 menit saja dan menyampaikan semua materi dengan baik. Akibatnya, ada lebih banyak waktu untuk diskusi.

Ayah menyampaikan materi landas kontinen ekstensi Indonesia dengan banyak animasi. Teman-teman yang berlatar belakang ilmu sosial nampak menikmati animasi yang ayah sampaikan dan mereka mendapat gambaran yang lebih jelas dengan visualisasi seperti ini dibandingkan hanya membaca pasal-pasal hukum laut.

Ini beberapa foto saat presentasi.

Sedang semangat-semangatnya presentasi. Francois bertindak sebagai chairman.


Kalau ini tidak sedang presentasi, tapi lagi bergaya saja setelah presentasi selesai :)

No comments: